Basic Unity Script C# : Classes & Objects - Day 3

Share it:
Sebuah kelas adalah cetak biru (blue print)  atau template atau set instruksi untuk membangun tipe tertentu dari objek. Setiap objek dibangun dari kelas. Setiap kelas harus dirancang dan diprogram untuk mencapai satu, dan hanya satu hal.

Dalam istilah pemrograman, sebuah objek adalah komponen mandiri yang berisi properti dan metode yang diperlukan untuk membuat jenis tertentu data yang berguna. properti obyek adalah apa yang ia tahu dan metodenya apa yang dapat dilakukan.

Untuk membahas secara singkat class dan object maka kita akan membuat 2 script yang terpisah seperti contoh dibawah ini :

Script RunGame:

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class RunGame : MonoBehaviour {

    void Start () {
        Player hero = new Player (50, 20, "Hero ");
    }
    
    void Update () {
    
    }
}


Script Player:

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Player : MonoBehaviour {

    public Player(int health, int power, string name){
  
        Debug.Log ("Create Player with health:" + health + ", Power : " + power + " and name : " + name);
    }
}


Penjelasan:
Taruh script RunGame pada GameObject seperti terlihat pada gambar di Inspector. Script Player akan otomatis akan dicari oleh script RunGame, dalam hal ini Player hero = new Player (50, 20, "Hero ")akan memangil methode Player dari class Player. Sedangkan nilai Object Property bisa di sisipkan langsung pada methode new Player (50, 20, "Hero ") yang berarti Player healt=50, power=20 dan name= "Hero".

Player hero adalah casting sebagai Object Player dengan nama hero.
new Player (50, 20, "Hero ") menciptakan instan hero dari Object Player dengan property (50, 20, "Hero ") .




Share it:
Next
This is the most recent post.
Previous
Basic Unity Script C# : Coroutine : Day 3

B-Publisher

Basic Script

Basic Unity C#

Post A Comment:

0 comments:

Also Read

Formatting your web page

Day 1 - Formatting your web page 1. Open your HelloWorld.html with your favorite text editor 2. Type this code into yo

Unknown