Basic Unity C# : Variable - Day 1

Share it:
Seperti umumnya bahasa pemrograman lainnya, Unity C# menggunakan juga mempunyai type type data antara lain seperti variable yang berfunsi untuk membantu dalam proses pembuatan algoritma game yang akan kita buat. Untuk itu sebagai pengenalan pemrograman Unity dengan bahasa C# mari kita ikuti contoh berikut ini :


Berikut default script yang kita dapatkan ketika kita membuat script baru di Unity:

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Main : MonoBehaviour {

    // Use this for initialization
    void Start () {
    
    }
    
    // Update is called once per frame
    void Update () {
    
    }
}



Pembahasan:
using UnityEngine;
using System.Collections;
ini adalah header script basic dari Unity C# yang berfungsi memanggil namespace dari Unity Engine (Library), sebagaimana kita ketahui Unity merupakan Game Engine yang cukup komplit dari sisi IDE maupun scriptingnya yang menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti C#, Javascript atau Boo.

Pada header script anda bisa saja mengimport beberapa library dari Unity seperti UnitEngine.UI untuk kebutuhan User Interface pada game anda seperti pembuatan Text, Button, Panel dan lain lain.

public class Main : MonoBehaviour {

}

Scope class Main(MonoBehavior), Main adalah nama class anda dan MonoBehavior adalah base class dari Unity Script.

// Use this for initialization
void Start () {

    }

// Update is called once per frame
    void Update () {

    }


Void Start() adalah methode built in dari Unity yang berfungsi sebagai methode yang dijalankan pertama kali pada class ketika dipanggil. Ada beberapa methode lain seperti Awake() yang dipanggil lebih dahulu dibanding dengan Start().

void Update() merupakan methode built in juga, methode ini digunakan untuk mengupdate fungsi fungsi yang ada didalamnya. Update() berhubungan dengan frame per second pada game yang anda akan buat. Jadi methode ini akan dipanggil setiap framenya, hal ini berbeda dengan methode built in FixedUpdate() yang dipanggil diakhir frame ( Jika game anda mempunyai 30 per second maka methode ini dipanggil di frame ke 30).

Berikut contoh pembuatan variable di Unity Script dengan C#:

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Main : MonoBehaviour {

    public float speed = 2.0f;
    public int move;


    // Use this for initialization
    void Start () {
        move = 3;
    }
    
    // Update is called once per frame
    void Update () {
        Debug.Log (speed);
        Debug.Log (move);
    }
}


Disini kita telah membuat dua variable speed (float) dan move (integer) dan untuk mendisplay value dari variable tersebut kita menggunakan Debug Log sehingga nilai akan keluar pada console. Seperti pada gambar berikut :



Share it:

B-Publisher

Basic Script

Basic Unity C#

Post A Comment:

0 comments:

Also Read

Basic Unity Script C# : Conditional - Day 2

Conditional digunakan untuk mengetes suatu kondisi dimana hasilnya akan mengembalikan suatu nilai yang nantinya dapat k

Unknown