Basic Unity Script C# : Function - Day 1

Share it:
Function atau fungsi dalam pembuatan game adalah bagian dari algoritma game ini sendiri, seperti halnya fungsi fungsi pada bahasa pemrograman lainnya dalam Unity Script  fungsi  juga bisa berisi sekumpulan perintah untuk menjalankan sebuah program game anda.

Berikut adalah contoh pembuatan script simple :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Main : MonoBehaviour {

    public string pesan;
    // Use this for initialization
    void Start () {
        
    }
    
    // Update is called once per frame
    void Update () {
        cetakPesan ();
    
    }

    void cetakPesan(){
        pesan = "Halo saya pesan yang dicetak dari fungsi cetakPesan()";
        Debug.Log (pesan);
    }


}


Penjelasan:
public string pesan;
pesan merupakan variable type String, disini dibuat untuk menyimpan kalimat yang nantinya akan dimasukkan kedalam function cetakPesan()

void cetakPesan(){
 pesan = "Halo saya pesan yang dicetak dari fungsi cetakPesan()";
        Debug.Log (pesan);
    }


cetakPesan adalah sebuah function yang kita buat dalam hal ini untuk menulis pada console dari pesan. 

void Update () {
        cetakPesan ();
    
    }
function cetakPesan() akan dieksekusi atau dipanggil melalui methode Update() sehingga pada console akan tertulis String pesan, seperti pada gambar dibawah ini.



Share it:

B-Publisher

Basic Script

Basic Unity C#

Post A Comment:

0 comments:

Also Read

Basic Unity C# : Variable - Day 1

Seperti umumnya bahasa pemrograman lainnya, Unity C# menggunakan juga mempunyai type type data antara lain seperti vari

Unknown